Contoh Permainan Kepemimpinan Psikologi

Contoh Permainan Kepemimpinan Psikologi

Halo para petualang, kali ini saya bakalan membahas tentang Contoh Permainan Kepemimpinan Psikologi yang ada di Outbound Malang. Jadi mohon kalian cermati yaa.

  1. Snake Game

Tujuan dari permainan :

  1. Untuk melatih keseimbangan dari otak yang menggikuti game
  2. Untuk melatih kepercayaan kepada setiap anggota team
  3. Untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan seseorang
  4. Untuk mengatur sebuah strategi team

 

Alat dan bahan yang di gunakan :

  1. Kantong Plastik
  2. Tongkat
  3. Slayer atau sebuah hasduk yang bakalan di pakai untuk menutupi mata para peserta

Prosedur yang ada di dalam Snake Game :

Langkah langkah yang harus dilakukan oleh para peserta ini adalah tiap tiap peserta yang ada di dalam kelompok berjalan dengan menggunakan mata tertutup (dikecualikan ketua dari kelompok yang berada di barisan yang paling belakang dengan mulut yang ditutupi oleh slayer agar tidak berbicara) untuk mengikuti sebuah intruksi yang bakalan diberikan oleh para instruktur. Dengan mengarahkan ketua dari kelompok yang berjalan di barisan paling belakang (menggunakan cara menepuk bahu), para peserta yang memiliki barisan paling depan ini harus berhasil memecahkan sebuah kantong plastik yang sudah diisikan dengan air menggunakan sebuah tongkat yang telah disediakan oleh para panitia. Yang berhasil melakukan instruksi untuk pertama kali (memecahkan sebuah kantong plastik yang berisi air dengan tongkat) bakalan menjadi seorang pemenang dari permainan Snake Game ini. Usahakan jara yang ada di antara kedua kelompok yang sedang bertanding agak berjauham sedikit, hal ini dilakukan karena untuk menghindari tabrakan antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lainnya.

  1. Kompak

Permainan ini berguna untuk menghangatkan situasi serta membuat situasi kerja dalam Tim.

Langkah–langkah :

  1. Terangkan pada peserta ketentuan permainan ini
  2. Bagilah peserta kedalam 5 – 6 grup, yang perlu satu grup terbagi dalam 6 orang.
  3. Mintalah masing – masing grup untuk buat lingkaran serta satu orang anggota dari semasing grup untuk berdiri di dalam – tengah kelompoknya.
  4. Katakana kalau permainan ini untuk mnguji kita, apakah diantara rekan-rekan dalam grup itu sama-sama yakin pada TIM KERJA KITA. Yang berdiri di dalam mesti tutup matanya, dengan ditutup kain, lalu menjatuhkan diri dengan bebas kea rah mana saja.
  5. Disamping itu rekan-rekan dalam kelompoknya melingkar serta mesti bertanggungjawab atas keselamatan rekan yang di dalam barusan, karna permainan ini dapat – dapat juga akan menelan korban, jadi bila yang di tenagh menjatuhkan diri padanya dia mesti siap serta bertanggungjawab untuk menahan serta melemparkannya pada rekan yang beda. Demikian selanjutnya, serta minta siapa yang di dalam dapat bicara lewat cara bergiliran.
  6. Sepatu Lapangan

Permainan ini berguna untuk mendorong sistem hubungan kerja Tim, kalau dalam satu Tim tiap-tiap orang juga akan belajar mendengar pendapat orang yang lain serta merekam semasing pendapat dengan jeli dalam fikirannya, sebelumnya mengambil keputusan pendapat apa yang paling baik menurut grup.

Langkah – langkah :

  1. Bagilah peserta kedalam grup – grup kecil (5 – 6 orang), 1 orang juga akan jadi pembicara grup.
  2. Mintalah tiap-tiap grup untuk mendiskusikan mengenai sepatu lapangan apa yang pas untuk bekerja di ‘lapangan’ serta perlengkapan apa sekali lagi yang diperlukan (saatnya sekitaran 5 menit)
  3. Mintalah pembicara grup untuk mengingat pendapat yang berlainan serta pendapat yang sama dari tiap-tiap orang di kelompoknya semasing.
  4. Mintalah pembicara grup untuk mengemukakan hasil diskusi ini seklaigus mengenalkan nama anggota kelompoknya serta apa pendapat orang – orang itu tentang tema diskusi diatas.
  5. Sesudah semuanya grup usai, lalu diskusikan : Apakah pembicara sudah mengemukakan pendapat semuanya anggota kelompoknya dengan pas? Apa yang dikurangi? Apa yang ditambah? Apa yg tidak pas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *